Cari File

Senin, 14 September 2009

Supir Bus Jalani Tes Urine di Jakarta

Supir bus umum yang melayani mudik dari Jakarta ke beberapa daerah menjalani tes urine untuk memastikan baiknya kondisi kesehatan pengemudi sebelum mengantar para penumpang.

Traffic Management Center (TMC) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin, menyebutkan, tes urine mulai diberlakukan hari Senin hingga angkutan mudik dinyatakan selesai.

Tes itu diselenggarakan oleh petugas gabungan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Polda Metro Jaya dan Badan Narkotika Provinsi (BNP) DKI Jakarta.

Petugas akan memeriksa urine setiap pengemudi angkutan Lebaran di empat terminal yakni Pulogadung di Jakarta Timur, Lebak Bulus di Jakarta Selatan, Kalideres di Jakarta Barat dan Kampung Rambutan di Jakarta Timur.

Tes urin tersebut adalah untuk memastikan apakah supir menggunakan narkoba atau minum alkohol.

Bila positif mengandung narkoba atau alkohol maka supir tersebut tidak diperkenankan mengemudikan bus, bahkan bila terbukti menggunakan narkoba , maka akan diproses hukum oleh polisi.

Tes yang akan dilakukan oleh petugas gabungan tidak akan mengganggu perjalanan mudik penumpang terutama pada puncak arus mudik karena hasilnya dapat diketahui sekitar 30 menit.

Uji kendaraan

Kepala Seksi Penertiban Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Arifin Hamonangan menambahkan, selain melakukan tes urine kepada supir, maka pihaknya akan melakukan uji kendaraan untuk memastikan kelaikan kendaraan yang akan mengangkut penumpang.

Uji kendaraan itu akan dilakukan oleh tim mekanik dari Balai Pengujian Kendaraan Bermotor, Dinas Perhubungan. "Jika bus tidak layak jalan maka tidak akan diizinkan beroperasi dan harus diperbaiki dulu," kata Arifin.

Uji kendaraan yang akan dilaksanakan adalah kondisi ban, badan kendaraan dan kaca. Pemeriksaan kondisi kendaraan juga tidak akan menganggu angkutan Lebaran karena hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit. (ant).

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!