Cari File

Senin, 14 September 2009

Arus Mudik di Terminal Pulogadung Masih Normal

Arus mudik dari Jakarta menuju berbagai daerah di Pulau Jawa maupun luar Jawa melalui Terminal Pulogadung, Jakarta Timur masih normal, meskipun ada kecenderungan peningkatan jumlah penumpang.

Pada Senin atau H-7 lebaran, peningkatan aktivitas terjadi di loket-loket pembelian tiket untuk bus antarkota antarpropvinsi (AKAP). Umumnya calon penumpang membeli tiket untuk beberapa hari mendatang, terutama Kamis hingga Sabtu pekan ini.

Bus-bus berjajar menunggu calon penumpang Sedangkan petugas terminal dan kondektur mengarahkan penumpang menuju bus untuk jurusan yang akan dituju. Pihak pengelola terminal membagi kawasan terminal ini dalam tiga zona, yaitu bus untuk jurusan Pulau Sumatera, jurusan Pulau Jawa dan bus kota.

Dalam beberapa hari terakhir, penumpang antarkota cenderung memilih perjalanan pada malam hari. Seorang calon pemudik mengemukakan bahwa dirinya dan keluarganya yang akan pulang kampung ke Sumatera memilih berangkat pada malam hari agar tidak terlalu panas.

Beberapa petugas memperkirakan puncak arus mudik terjadi akhir pekan. Dengan pengeras suara, petugas mengarahkan calon-calon penumpang dan menegur pengemudi yang kurang tertib.

Sebelumnnya, Kepala Terminal Pulogadung Pardjiman memperkirakan, arus mudik dari terminal Pulogadung menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur akan sangat ramai pada Kamis (17/9) atau H-4 hingga Sabtu (19/9) atau H-2.

Ia memperkirakan puncak arus mudik dari terminal Pulogadung akan terjadi pada Jumat (18/9) atau H-3 yakni sekitar 15.000 jiwa pemudik. Perkiraan puncak arus mudik itu berdasarkan data pembanding pada arus mudik lebaran tahun lalu.

Puncak arus mudik pada lebaran tahun lalu, terjadi pada H-4 dengan jumlah pemudik sebanyak 14.094 orang.

"Pemerintah memprediksi arus mudik tahun ini naik sekitar 10 persen melalui jalur darat, sehingga puncak arus mudik melalui terminal Pulogadung tahun ini diperkirakan menjadi sekitar 15.000 orang," katanya. (ant).

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!