Cari File

Senin, 14 September 2009

Pelempar Sepatu ke Bush Batal Hirup Kebebasan


VIVAnews - Jurnalis stasiun televisi Al Baghdadiya, Muntadhar al Zaidi harus memperpanjang penantian untuk menghirup kebebasan hingga Selasa 15 September besok. Saudara al Zaidi, Dargham, mengatakan telah menerima telepon dari al Zaidi soal penundaan pembebasannya karena sejumlah dokumen berkaitan dengan kasusnya belum selesai diproses.

Kepastian ini didapat keluarga al Zaidi setelah menunggu selama lima jam di luar pangkalan angkatan darat Irak di Baghdad. "Kami akan tetap menunggu hingga besok di sini, kami harap warga Irak lainnya akan bergabung," kata Dargham.

Al Zaidi, jurnalis pelempar sepatu ke mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Walker Bush, akan dibebaskan lebih awal, Senin 14 September 2009. Al Zaidi dibebaskan setelah berada di balik jeruji selama sembilan bulan.

Keluarga al Zaidi telah mempersiapkan pesta untuk menyambut pulangnya al Zaidi sejak Minggu, 13 September 2009. Jurnalis televisi Al-Baghdadiya ini mendadak menjadi pahlawan di dunia Arab setelah melempar sepatu ke arah Bush dalam sebuah konferensi pers, Desember tahun lalu.

Bush sedang bersiap-siap membacakan pidato ketika al Zaidi mendadak berdiri dan melayangkan sepatunya satu per satu. "Ini ciuman selamat tinggal untukmu, anjing! Ini dari janda, yatim piatu, dan mereka yang tewas di Irak," kata al Zaidi berteriak sambil melempar sepatu.

Sebagian besar warga Timur Tengah merasa protes yang disampaikan al Zaidi mencerminkan rasa frustrasi mengenai pendudukan AS di Irak. Aksi al Zaidi dirayakan dan dipuji. Langkahnya juga menginspirasi sejumlah permainan internet.

Keluarga al Zaidi mengatakan pria berusia 30 tahun ini kemungkinan besar akan menggunakan ketenarannya untuk menyokong isu kemanusiaan seperti hak yatim piatu dan perempuan. Stasiun televisi tempat al Zaidi bekerja, Al-Baghdadiya TV, berharap al Zaidi akan kembali menjadi wartawan.

Al Zaidi dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada Maret. Hukuman itu dikurangi menjadi satu tahun karena al Zaidi tidak memiliki catatan kejahatan dan kini ia dibebaskan lebih awal karena berkelakuan baik.(AP)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!