Cari File

Senin, 10 Agustus 2009

Politeknik Indonesia-Venezuela Diresmikan di Aceh

Jakarta, (tvOne)

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Hassan Wirajuda dan Wakil Menteri Pendidikan untuk Urusan Pendidikan Tinggi Republik Bolivaria Venezuela, Tibisay Cruz Hung Rico, dijadwalkan meresmikan Politeknik Indonesia-Venezuela, pada Rabu mendatang (12/8).

Setelah peresmian, menurut keterangan dari Departemen Luar Negeri di Jakarta, Senin, Politeknik yang dibangun dengan dana Rp36,9 miliar tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Provinsi Aceh, Irwandi Yusuf.

Peresmian tersebut akan dilangsungkan di kampus Politeknik Indonesia-Venezuela, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Dana pembangunan tersebut berasal dari dana bantuan yang dikumpulkan Deplu sebesar Rp18,6 miliar dan bantuan Pemerintah Republik Bolivaria Venezuela sebesar dua juta dolar AS.

Kampus Politeknik itu mempunyai tiga fakultas yaitu Fakultas Peternakan, Perikanan dan Pertanian. Kampus Politeknik Indonesia-Venezuela terdiri atas gedung rektorat, gedung serba guna, kantin, mesjid, perpustakaan, asrama putri dan asrama putra (bisa menampung hingga 120 orang), dan semua gedung telah dilengkapi dengan berbagai kelengkapannya.

Sebelumnya, Deplu juga telah membangun di Provinsi Aceh, 45 rumah tipe-45 di Pidie, 115 rumah di Blang Pidie, dan dua asrama madrasah di Leung Bata dan Bakoy.

Serangkaian bencana alam, seperti gempa bumi dan tsunami yang telah merusak infrastruktur, sarana dan prasarana di berbagai wilayah tanah air, telah menggugah Deplu beserta jajarannya untuk menggunakan jaringan yang dimiliki, mengupayakan penggalangan dana baik dari negara-negara sahabat, masyarakat internasional, masyarakat Indonesia dan diplomat kita di luar negeri, untuk menjadi donator dan menjadi bagian dari upaya bersama meringankan beban masyarakat di daerah bencana.

Sampai saat ini, dari dana yang terkumpul, Deplu telah melakukan pembangunan dua SD di Bengkulu Utara (Arga Makmur dan Batik Nau), 11 SD dan satu SMP di Yogyakarta dan Jawa Tengah sekitarnya, dua SD di Sumatera Barat (Solok dan Padang Panjang), sebuah SMK di Sumatera Utara (Serdang Bedagai) serta dua sekolah terpadu (SD, SMP dan SMK) di Sumatera Utara (Nias dan Nias Selatan).

Disamping itu, Deplu juga telah memberikan bantuan 40 kapal nelayan beserta kelengkapannya, pembangunan tempat pelelangan ikan dan kantor koperasi nelayan di Ciamis (Jawa Barat). Saat ini sedang dalam proses membangun kembali Islamic Centre di Arga Makmur, Bengkulu Utara yang rencananya akan diresmikan pada September 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!