Cari File

Senin, 10 Agustus 2009

Noordin M[emang] Top

Jakarta, (tvOne)

Siapa tidak kenal nama Noordin M Top, gembong teroris asal Malaysia yang jadi otak sejumlah aksi bunuh diri di Indonesia. Ada beberapa versi nama Noordin yang beredar di media massa yakni Noordin M Top, Noordin Muh Top alias Noordin Mat Top alias Noordin Moch Top.

Di Indonesia, nama Noordin yang dikenal adalah Noordin M Top. Sementara di sejumlah media asal negeri jiran, misalnya Bernama, dipakailah nama Noordin Mat Top. Sedangkan, namanya yang lebih 'internasional' adalah Noordin Mohammed Top.

Namun, dalam pernyataan yang diduga dibuat oleh Noordin terkait pemboman Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton, tertulis nama Nur Din bin Muhammad Top.

Mana yang benar? Belum bisa dipastikan. Namun, apapun namanya, Noordin 'berhasil' mencatatkan namanya dalam daftar buron paling dicari di Asia.

Gembong teroris asal Malaysia ini diduga sebagai aktor kunci dalam jaringan Jemaah Islamiyah, yang berjuang untuk menegakan Islam di Asia Tenggara. Dia berperan sebagai perekrut, pembuat rencana, sekaligus penyandang dana.

Seperti dikutip dalam laman Al Jazeera, Noordin berpisah dari Jemaah Islamiyah dan mendirikan organisasi Tanzim Qaedat al-Jihad atau organisasi berbasis jihad.

Dalam pernyataan yang diduga dibuat Noordin tentang pemboman di JW Marriott dan Ritz Carlton, mengatasnamakan diri sebagai 'Amir Tandzim Al Qo'idah Indonesia Abu Mu'awwidz Nur Din bin Muhammad Top Hafidzohullah'. Itu bukan laki pertamanya Noordin mengklaim sebagai perwakilan Al Qaeda di Asia Tenggara.

Noordin (40) lahir di Johor, Malaysia. Dia menamatkan pendidikannya di Universitas Teknologi Malaysia pada 1991. Pada tahun 2001, dia terbang ke Indonesia bersama dengan pembuat bom, Azahari Husin, pasca pemerintah Malaysia mengumumkan perang terhadap militan Islam.

Laporan intelijen menyebutkan sesampainya di Indonesia, Noordin mulai merekrut sejumlah pemuda dari beberapa pesantren, untuk menjadi pelaku pemboman.

Kelihaian Noordin lari dari aparat, diyakini secara mistis oleh sebagian orang Jawa. Noordin dianggap punya kekuatan magis yang melindungi dirinya.

Jika benar jenazah pria yang ditembak dalam penyerbuan polisi di Desa Beji, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bukan Noordin, atau jika Noordin kembali lolos dari kejaran polisi, nama sarjana akuntan ini bakal makin legenda. Namanya akan disejajarkan dengan Osama bin Laden.(VIVAnews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!