Cari File

Senin, 10 Agustus 2009

Dituding Lakukan Kecurangan SBY Anggap Nama Baiknya Dicemarkan

Apa yang dikatakan banyak orang soal kecurangan sama saja pencemaran nama baik.
Senin, 10 Agustus 2009, 22:54 WIB

VIVAnews - Calon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanggapi tudingan adanya kecurangan yang dilakukannya saat pemilihan presiden 8 Juli 2009 lalu. Menurut SBY apa yang dikatakan banyak orang soal kecurangan sama saja pencemaran nama baik.

"Terus terang kapasitas saya sebagai calon presiden tahun 2009, dan kapasitas saya sebagai incumbent saya harus tahu diri, dan memerlukan kesabaran berbulan-bulan karena dianggap melakukan kecurangan," kata SBY di Cikeas, Senin 10 Agustus 2009.

Menurut SBY, hal ini sama saja mencemarkan nama baik seseorang, karena itu sebaiknya untuk tidak menuduh seserang melakukan kecurangan, apalagi tidak bisa dibuktikan. "Apa bedanya fitnah dengan pencemaran nama baik," tuturnya.

"Saya punya posisi dan komentar yang berkaitan dengan dinamika politik akhir-akhir ini, saya sampaikan agar bisa dijelaskan kepada publik, jangan sampai rakyat bingung,"

Sebelumnya dia bilang, tanggal 5 Agustus 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai pelanggaran yang terjadi selama Pemilihan Presiden 2009 bersifat sporadis dan kecil-kecil.

"Dalam kapasitas saya sebagai capres, sulit bagi saya untuk mengerti ada tuduhan penggelembungan suara sampai jutaan apalagi puluhan juta," kata SBY disela kunjungannya di Aceh, Rabu 5 Agustus 2009. "Jauh dari akal sehat."

Menurutnya, pemilihan presiden Juli lalu telah dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan. Komisi Pemilihan Umum (KPU), tambahnya, memiliki struktur dari pusat sampai daerah.

"Semuanya sesungguhnya bisa dipertanggungjawabkan. Itu kalau kita melihat mekanisme teknis atau cara-cara penghitungan suara," kata dia.

Terkait persoalan daftar pemilih tetap (DPT), SBY mengingatkan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) pun telah ikut campur dan menyatakan semua warga negara yang memiliki hak pilih bisa memilih.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!