Cari File

Selasa, 11 Agustus 2009

Antara Noordin M Top, Hambali, Dan Osama Bin Laden

Jakarta, (tvOne)

Nama Noordin M Top diduga ada di belakang serangkaian teror bom bunuh diri di Indonesia. Namun, Noordin tidak bekerja sendirian. Menurut teman dekatnya, Noordin M Top terkait jaringan teroris, Al Qaeda.

"Terkait Osama Bin Laden [bos Al Qaeda]," kata Abu Wildan seperti ditayangkan tvOne, Selasa 11 Agustus 2009. Hubungan dengan Osama Bin Laden diduga atas campur tangan Hambali.

Apa yang dilakukan Noordin sesuai dengan perintah pimpinannya. "Noordin dipilih Hambali, dia akan mendengar apa yang dikatakan pimpinannya. Kalau menurut dia benar ya dilaksanakan," tambah dia.

Abu Wildan mengatakan dia pernah bersama-sama Noordin di Pesantren Lukamnul Hakim, Ulu Tiram, Johor, Malaysia. Dia mengakui Noordin pernah ke Filipina Selatan, belajar membuat bom pada tahun 2000. Wildan lantas berpisah dengan Noordin pada tahun 2002, dia kembali ke Indonesia, sedangkan Noordin entah kemana.

"Saya terakhir bertatap muka waktu meninggalkan Lukmanul Hakim," tambah dia.

Reputasi Noordin sebagai perekrut bom bunuh diri, dibenarkan Wildan. Noordin, tambah dia, adalah sosok yang tutur katanya bagus dan pintar berkata. Wildan mengatakan tak ada unsur penipuan yang dikatakan Noordin pada para calon bomber bunuh diri.

"Tidak akan ditipu, diyakinkan seyakin-yakinnya, diberi tausiah dengan yakin. Bismilahlah, dia berangkat," tambah Wildan.

Gembong teroris asal Malaysia ini diduga sebagai aktor kunci dalam jaringan Jemaah Islamiyah, yang berjuang untuk menegakan Islam di Asia Tenggara. Dia berperan sebagai perekrut, pembuat rencana, sekaligus penyandang dana.

Seperti dikutip dalam laman Al Jazeera, Noordin berpisah dari Jemaah Islamiyah dan mendirikan organisasi Tanzim Qaedat al-Jihad atau organisasi berbasis jihad.

Dalam pernyataan yang diduga dibuat Noordin tentang pemboman di JW Marriott dan Ritz Carlton, mengatasnamakan diri sebagai 'Amir Tandzim Al Qo'idah Indonesia Abu Mu'awwidz Nur Din bin Muhammad Top Hafidzohullah'. Itu bukan laki pertamanya Noordin mengklaim sebagai perwakilan Al Qaeda di Asia Tenggara.

*************
Sosok Hambali dipercaya sebagai mentor Noordin M Top. Siapa Hambali?

Dijuluki sebagai 'Osama Bin Laden Asia Tenggara'. Pria bernama asli Riduan Isamuddin itu diduga berada di balik sejumlah aksi teror di Asia Tenggara, termasuk Bom Bali I yang menewaskan 202 orang. Peledakan Bandara Changi dan Jembatan Johor jadi bagian rencananya yang belum terselesaikan.

Hambali juga diduga menjadi perantara Al Qaeda pimpinan Osama bin Laden, termasuk menyediakan pelaku dalam peristiwa terorisme paling fenomenal, serangan terhadap menara kembar WTC New York pada 1 September 2002.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Maupun Salam Asololenya!!